7 Months Post ACL Surgery

Hai balik lagi di blog gw πŸ˜€ dan sedikit sumringah hari ini karena abis maen bola (lapangan besar), hal yang lama ga gw lakukan sejak ACL gw putus. Oya, tepat kemarin 7 Januari 2017 ACL baru gw berumur 7 bulan dan banyak peningkatan dari recovery selama ini. Gw ingin share beberapa hal yang gw lakukan selama proses recovery ini hingga bulan ke 7, semoga temen-temen yang sedang berjuang dengan cidera ACL tetap semangat, karena gw paham proses recovery ini memerlukan mental yang kuat, jika tidak kita akan kesusahan untuk melakukannya.

My ACL progress

My ACL progress

Untuk awal bulan setalah operasi ACL gw tulis di blog gw juga, silahkan di baca di link iniΒ https://wijayaryputu.wordpress.com/2016/07/01/rehabilitasi-acl-1/

Kemudian untuk bulan ke 5 hingga ke 7, latian yang gw lakukan adalah jogging, memperkuat quadriceps. Nah yang terakhir ini yang terpenting selain jogging atau berlari. Dimana, setelah pasca operasi, paha kita yang cidera dimana di ambil ototnya akan mengecil yang berbeda besarnya dengan yang normal. Oleh karena itu saran dari dokter sport injury gw adalah membuat paha di lutut gw yang cidera (lutut kiri) agar sama besarnya dengan yang kanan. Untuk membersarkannya, di bulan ke lima gw menemukan caranya, setelah membaca di beberapa website dan youtube, hal terbaik dan tercepat untuk membersarkan quadriceps, hamstring adalah dengan melakukan leg press dan squat. Yang biasa gw lakukan adala Leg press dimulai dengan beban kecil (pertama kali melakukan leg press) hingga beban yang sekarang (45 kg). Untuk leg press, biasanya dilakukan dengan dua kaki, namun gw melakukannya dengan satu kaki dimulai dari yang kiri kemudian dilanjutkan dengan yang kanan, masing-masing 10 kali dengan 4 set.

Leg Press

Leg Press

Kemudian yang kedua adalah squat, ini juga membantu untuk membesarkan quadriceph kita, sema seperti leg press, disini gw 4 set dengan 10 kali repetisi. Hampir dua bulan gw melakukan ini dan paha gw sekarang sudah sama besarnya. Kenapa perlu dibesarkan? karena dengan quadriceps dan hamstring yang sama atau kuat maka akan membantu menjaga ACL kita. Oleh karena itu kenapa pemain bola tidak pernah melewatkan “Legs Day”, karena itu menurut saya sangat penting. Dan juga, jangan lupa untuk pemanasan sebelum melakukan aktivitas baik itu jogging, main bola atau apapun.

Squat

Squat

 

Hingga bulan ke tujuh, saya sudah bisa latihan futsal lagi seperti biasa, naik gunung gede dan jogging, tetap semangat untuk teman-teman yang sedang di masa pemulihan.

Naik Gunung Gede-Pangrango

Naik Gunung Gede-Pangrango

maen-bola

Sepak bola di GOR Sumantri

 

salam

wijayaryputu

Leave a Reply

