Sharing Session di Institut Teknologi Medan (ITM)

Pagi rintik kecil di kota Medan 27 Februari 2017, hari dimana kali pertama berkunjung ke Institut Teknologi Medan (ITM) dan juga kali pertama menginjakkan di tanah Batak ini. Kota yang panas dengan makananya yang tak henti membuat kita tambah dan tambah lagi (Babi Panggang Karo). Dapot seorang mahasiswa angkatan 2014 pagi itu menjemput dan dia menjadi pemandu gw selama di Medan, dari menjemput di bandara Kualanamu hingga sampai di Medan. Acara sharing session di ITM ini gw beri tema tentang “Introducing Fault Seal Analysis” atau bahasa kerennya “Pengenalan Analisis Sekatan Sesar”.

Menuju kampus ITM yang terletak di jantung kota Medan bak melawan kemacetan pagi itu yang tak ubahnya Jakarta di pagi hari sibuk yang macetnya membuat kita hampir gila. Suara klakson mobil, motor, betor mengaum di udara beserta asap-asap yang dengan mudahnya menyelinap ke sela-sela bulu hidung ini. Suara hardikan samar terdengar di lampu merah pagi itu. Kurang lebih 20 menit Dapot meliuk di jalanan menuju kampus ITM dan akhirnya sampai dengan menahan perut yang “perih” menahan ritual pagi.

Medan tak ubahnya seperti Jakarta untuk urusan macet jalannya.

Medan tak ubahnya seperti Jakarta untuk urusan macet jalannya.

Sampai di ITM dimana bangunan bertingkat berbaur anak SMA dan Mahasiswa (karena ITM berada pada yayasan yang sama dengan SMA itu), beberapa mahasiswa geologi dengan ciri khasnya dengan jaket kebanggaanya (jaket himpunan) berwarna oranye, rambut gondrong, muka agak sangar tanpa perawatan, dan beberapa mahasiswi geologi datang menyapa. Selamat datang Pak/Bang di ITM dengan melempar senyumnya. Gw merasakan kehangatan mahasiswa/i disini rasa kekeluargaan yang erat antar mahasiswanya. Acara seminar akan dilangsungkan di gedung itu bang, di lantai empat, seru seorang mahasiswa. Damn… *dalam hati gw bergumam, lutut gw kuat kan naik ke lantai empat hahaha…

Pemandangan dari lantai 4 gedung kuliah ITM.  Lutut gw berasa :D

Pemandangan dari lantai 4 gedung kuliah ITM. Lutut gw berasa πŸ˜€

Satu persatu mahasiwa berdatangan, hingga kurang lebih 50 orang mahasiswa hadi di dalam kelas. Hemm… sedikit nervous untuk mengawali presentasi pagi ini, karena presentasi sendiri gw siapkan malam hari kemarinnya, dan mudah-mudahan tidak mengecewakan.

Sharing Session Fault Seal Analysis

Sharing Session Fault Seal Analysis

Sharing session mengenai Fault Seal Analysis ini gw bagi menjadi empat series, yaitu pertama mengenai Seals mencakup membrane seals, kemudian tentang Juxtaposition, Fault Mechanism, Fault Stress dan terakhir adalah studi kasus aplikasi Fault Seal Analysis di industri oil and gas. Jalan dari presentasi cukup lancar dan diskusi berjalan dengan baik. Dan ternyata mahasiswa yang hadir bervariasi dari Semester 1 hingga Semester 6 yang artinya ada mahasiswa yang belum mendapatkan kuliah Geologi Struktur dan mahasiswa yang telah mendapatkan mata kuliah Geologi Struktur. Dan semoga dari 100% materi yang gw presentasikan, minimal 50% bisa diterima :D, karena Fault Seal sendiri jarang didapatkan di bangku kuliah.

Akhir dari acara ini adalah photo session dan pemberian cinderamata berupa kain ulos..yeayyy.. thanks mate.. Terima kasih atas undangannya dan sempai bertemu di lain waktu dan kesempatan.

Salam Toba .. viva la Toba πŸ˜€

 

*Terima kasih gw ucapkan untuk Dapot Nainggolan, Alwin (Rolas) Nainggolan yang telah mengantar jalan-jalan malamnya di Medan, untuk tongkrongan di mie aceh nya, dan teman-teman di ITM.

 

Thanks to Dapot  Nainggolan

Thanks to Dapot Nainggolan

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s