10 Bulan Pasca Operasi ACL ~ Getting Better Than Before

Ini cerita 10 bulan setelah operasi ACL dan setelah 10 bulan yang panjang ini gw merasa semakin baik walaupun belum sebaik sebelum cidera hehee…, at least hobby yang gw sering lakukan sebelum cidera bisa gw lakukan seperti biasa sekarang seperti futsal, sepakbola, naik gunung (ini akan gw tulis perjalanan gw ke Annapurna Base Camp) dan jogging. Pasti akan banyak pertanyaan tentang bagaimana operasi, dan latihan hingga 10 bulan ini. Untuk operasi ACL sendiri temen-temen bisa baca di tulisan gw sebelumnya ( http://wp.me/p2YJ5y-b2 ), dan yang paling “berat” adalah pasca operasi ACL, karena setiap orang akan memiliki semangat yang berbeda dalam pemulihan pasca operasi, selain itu tiap orang akan berbeda dalam menaikan masa otot pahanya tergantung dari apakah dia seorang atlet profesional, apakah olahragawan yang bukan profesional, dan menurut gw itu akan memberikan waktu “Pemulihan” yang berbeda-beda.

Namun pertanyaannya, selain latihan hal yang akan membuat kita kembali untuk high impact adalah motivasi dalam diri kita sendiri, gw ingat saat dimana ACL gw putus, suara pop (krek) tiga kali di lutut kiri itu masih bisa dirasakan dan 1.5 bulan masa-masa sebelum operasi adalah masa paling berat, dimana gw harus berjalan pakai dua penopang agar bisa tetap jalan ke kantor, dimana lutut kiri gw membesar karena kemungkinan cairan yang keluar dari meniscus saat dia sobek akibat twisting. Itulah saat dimana gw bertekad untuk kembali lagi seperti semula dan cidera ini adalah awal untuk lebih baik lagi, malah bukan sebaliknya cidera and we’re over. Nope. We have to fight!!!

Latihan yang gw lakukan di awal-awal cidera adalah pumping lutut, dengan meluruskan kaki kiri dan menarik bagian ujung kaki dengan kain dan mengendorkannya, kemudian latihan untuk menekuk lutut (ini yang butuh proses, kira2 hingga 2-3 bulan tergantung dari latiannya). Bulan ke 4-5 mulai latihan beban untuk mengembalikan besar paha yang hilang (kempes) akibat dua graft yang di ambil di bagian paha, proses inilah yang paling berat menurut gw, karena yang harus kita lakukan adalaah latian terus per 12 jam untuk membentuk masa otot, jadi bisa latian pagi 4 set dengan 10 kali, kemudian di lanjutkan sore hari, begitu terus hingga besar. Setelah itu latian sepeda statis, kenapa? untuk membiasakan lutut bergerak lagi, mau jogging? untuk tahap awal, jika ada kolam renang lebih baik latian jalan ditempat di kolam renang karena lutut bisa menahan beban tubuh kita lebih ringan di dalam air dan coba lari di dalam kolam. Setelah itu jika mau jogging, cobalah dahulu di treadmill, karena treadmill lebih aman selain bagian bawah treadmill tidak keras (dibandingkan lari di lapangan atau aspal) juga baik untuk lutut. Di bulan ke 6 gw uda mencoba main futsal (karena kaki gatel hehe) namun masih pelan-pelan, kemudian naik gunung Gede di Jawa Barat, dan dari situlah mulai terus melanjutkan hobby seperti biasa.

Salah satu link bacaan yang sangat membantu dalam proses menentukan gw operasi atau tidak adalah salah satu forum tentang cidera lutut di kaskus ( https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini/150 ), dari beberapa postingan sungguh membantu, namun karena ada kendala waktu untuk melihat thread di kaskus, gw putuskan untuk membuat group Whatsapp untuk penderita cidera lutut dengan tujuan mempermudah komunikasi teman-teman penderita cidera lutut. Sekian sharing pengalaman 10 bulan ini setelah operasi, semoga dapat membantu temen-temen semua untuk kembali :D, salam lutut sehat.

Leave a Reply

